Selasa, 18 Mei 2010

Tanaman Merambat Lindungi Dinding

INGGRIS -- Siapa bilang tanaman merambat membuat dinding rumah Anda menjadi rapuh. Sebuah studi dari Oxford University menyebutkan bahwa tanaman yang merambat justru menjaga tembok dari keretakan.

Ketua tim peneliti, Professor Heather Viles dari Oxford University's School of Geography and the Environment, mengatakan tanaman merambat menjadi lapisan pelindung bagi dinding dari udara panas serta perubahan suhu dan cuaca yang kerap membuatnya menjadi retak. "Jadi tanaman merambat itu tidak merusak, melainkan kebalikannya," kata dia.

Dalam penelitian yang berlangsung selama tiga tahun itu, tim menganalisis tanaman rambat yang biasa tumbuh di rumah-rumah di Inggris, yakni Hedera Helix. Selain di Inggris, tim mengamati tanaman merambat yang menempel di dinding rumah di berbagai belahan dunia dengan iklim yang berbeda-beda.

"Ternyata tanaman ini berfungsi seperti selimut," ujar Viles. Di negara atau lingkungan yang sedang mengalami musim dingin, tanaman ini dapat menghangatkan tembok rata-rata hingga 15 persen. Sedangkan untuk negara dengan musim panas, tanaman ini mampu menyimpan "dingin" sehingga suhu permukaan tembok lebih rendah ketimbang suhu lingkungan. Selain melindungi tembok dari cuaca, tanaman ini dapat menyerap polusi atau racun yang beterbangan di udara.Rini K | Sciencedaily

Sumber : www.korantempo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar