Selasa, 18 Mei 2010

Kota Gudeg Pasar Komputer Konsumer Terbesar

YOGYAKARTA -- Pasar komputer di Tanah Air maju pesat. Kota Yogyakarta menempati urutan kedua terbesar untuk pasar komputer konsumer (individu) setelah Surabaya. Transaksi penjualan komputer di Kota Gudeg mencapai Rp 200 miliar per tahun.

"Komputer komersial masih didominasi Jakarta. Sedangkan komputer konsumer paling tinggi adalah Surabaya dan Yogyakarta," kata Agus Honggo Widodo, Direktur PT Metrodata Electronics, kemarin.

Menurut Agus, persentase untuk pasar komputer komersial (perusahaan) di Jakarta dan luar Jakarta adalah 50 : 50. Sedangkan pangsa pasar komputer untuk konsumer, Jakarta dan luar Jakarta adalah 30 : 50.

Pengguna komputer, baik komputer pribadi maupun komputer jinjing, di Yogyakarta adalah institusi pemerintah, swasta, pelajar, mahasiswa. Bahkan siswa sekolah dasar sudah menggunakan komputer jinjing.

Setiap tahun, kata Agus, perusahaannya menjual 4,5 juta unit komputer ke seluruh Indonesia. Penjualan tersebut tercapai karena beberapa hal, yaitu daya beli masyarakat terhadap komputer semakin tinggi, komputer sudah menjadi kebutuhan, dan harga komputer semakin murah. Infrastruktur penunjang komputer juga sudah memadai, yaitu jaringan Internet, baik dengan kabel maupun nirkabel, yang disediakan oleh provider seluler.

"Kebutuhan terhadap komputer yang sudah ditunjang dengan infrastruktur Internet menjadi daya tarik tersendiri, sebab kebutuhan koneksi Internet bisa diakses di mana saja," kata Agus.

Menurut Aldriano Medise, Geographical Expansion Division Manager PT Metrodata, kebutuhan akan laptop entry level justru mendominasi. Sebab, harganya masih sekitar Rp 3 juta per unit, bentuknya trendy, dan ukurannya 8-10 inci. Masyarakat pengguna akan lebih nyaman membawanya ke mana-mana. Spesifikasi dan aplikasinya juga sederhana.

Komputer yang lebih tinggi spesifikasinya, kata Aldiano, diperuntukkan bagi pengguna yang akan menggunakan program-program berat serta game, yang membutuhkan kinerja tinggi.

Sumber : www.korantempo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar