Selasa, 18 Mei 2010

9 Cara Kilat Raih Tubuh Langsing

Kesehatan


9 Cara Kilat Raih Tubuh Langsing

MENDAPATKAN tubuh ramping menjadi dambaan setiap wanita. Sayangnya tak sedikit dari mereka yang menjalani diet salah. Padahal dengan mengubah gaya hidup, wanita bisa meraih impian tampil cantik dan langsing.

”Tanpa perubahan gaya hidup, penurunan berat badan memang tidak akan terjadi,” kata Agustino Romulo selaku Associate Manager Nutrifood Research Center kepada okezone, Rabu (5/5/2010).

Menurutnya, keseimbangan berat badan tergantung pada keseimbangan energi atau kalori yang dikonsumsi. Apabila jumlah kalori yang dikonsumsi lebih tinggi daripada jumlah kalori yang dibakar, maka kelebihan kalori tersebut akan disimpan sebagai cadangan lemak, dan sebaliknya. Kelebihan kalori inilah yang dapat meningkatkan berat badan.

”Semua makanan yang dikonsumsi mengandung kalori. Karena itu, cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, meningkatkan aktivitas fisik, dan rutin berolahraga, serta pengelolaan stres dengan tepat. Perlu diperhatikan bahwa diet yang sehat harus mencakup asupan nutrisi yang seimbang. Jadi jangan sampai program diet justru membuat seseorang kekurangan nutrisi-nutrisi penting, seperti vitamin dan mineral,” ulasnya.

Beberapa tip yang bisa dilakukan dalam program penurunan berat badan antara lain:

Buatlah perencanaan makanan

Perencanaan makanan yang tepat akan membantu Anda dalam mengatur kalori yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara dalam membantu perencanaan tersebut adalah membiasakan diri membaca label Informasi Nilai Gizi (Nutrition Facts) sebelum membeli suatu produk. Dengan memerhatikan informasi yang terkandung dalam label tersebut, akan membantu memudahkan mengatur jumlah kalori yang akan masuk ke dalam tubuh, tanpa harus kehilangan nutrisi-nutrisi penting seperti vitamin dan mineral.

Berolahraga secara teratur

Tidak hanya perencanaan makan yang tepat, memperbanyak aktivitas fisik dan berolahraga secara teratur akan membuat penurunan berat badan menjadi lebih efektif. Dengan berolahraga rutin dapat membantu mengurangi kelebihan lemak pada tubuh sehingga bobot tubuh pun dapat berkurang.

Makanlah lebih sering namun dengan porsi dan kalori yang terkontrol

Penelitian menunjukkan bahwa makan dengan frekuensi sering dan porsi yang terkontrol dapat membantu mengatasi rasa lapar dan membuat Anda terhindar dari konsumsi makan besar (makan siang dan makan malam) secara berlebihan.

Memperlambat tempo makan

Sinyal rasa kenyang membutuhkan waktu untuk diterima oleh otak. Karena itu, memperlambat tempo makan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih baik dan dapat mencegah Anda makan terlalu banyak.

Smart snacking

Tak bisa dipungkiri, pemilihan snack yang kurang tepat justru dapat membuat program penurunan berat badan menjadi gagal. Pilihlah snack-snack dengan kalori terkontrol. Kini, di pasaran dapat Anda jumpai dengan mudah snack-snack, seperti cookies yang kandungan kalorinya sudah dikontrol sedemikian rupa sehingga dapat membantu Anda dalam program penurunan berat badan. Selain itu, Anda juga dapat membiasakan diri menjadikan buah-buahan seperti apel dan pear sebagai snack Anda. Serat yang terkandung pada buah dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengontrol asupan kalori. Selain itu, serat pun dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Makanlah dengan piring yang datar atau mangkok yang lebih kecil

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan dengan ukuran piring atau mangkok yang lebih besar cenderung mengonsumsi kalori lebih banyak. Dengan memakai piring datar atau ukuran mangkok yang lebih kecil, jumlah kalori yang dikonsumsi pun lebih sedikit.

Batasi asupan gula

Konsumsi gula yang berlebihan bukan hanya menyebabkan terjadinya berat badan berlebih, tetapi juga memicu penyakit lainnya seperti diabetes. Tanpa disadari konsumsi gula sering kali tidak terkontrol. Padahal, Departemen Kesehatan RI sendiri menetapkan bahwa dalam 1 hari konsumsi gula hanya seperlunya saja, tidak lebih dari 25 gram. Oleh karena itu, Anda yang ingin menurunkan berat badan, mulailah mengganti gula pasir Anda dengan pemanis rendah kalori, yang kini sudah banyak di pasaran. Dengan pemakaian yang jauh lebih sedikit, Anda tetap dapat memperoleh rasa manis yang sama. Selain itu kalori yang masuk ke dalam tubuh juga jauh lebih kecil. Anda pun terhindar dari penyakit seperti obesitas dan diabetes.

Tidur 6-8 jam sehari

Kurang tidur dapat memengaruhi kadar hormon ghrelin dan leptin, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat Anda makan secara berlebihan. Selain itu, bergadang pun dapat membuat Anda meningkatkan konsumsi makanan Anda di malam hari. Karena itu cukupi kebutuhan istirahat malam Anda.

Mengelola stres

Stres yang tidak terkelola dengan baik, sering kali dilampiaskan dengan mengonsumsi makanan secara berlebih. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa di saat sedang stres, kecenderungan seseorang mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan tinggi gula sangatlah besar. Hal inilah yang dapat menjadikan program diet gagal. Oleh karena itu, di saat sedang stres, atasi dengan hal lain selain makanan, misalnya bersosialisasi dengan teman-teman terdekat Anda, melakukan hobi tertentu, atau mungkin travelling bisa menjadi alternatif dalam mengelola stres Anda.

okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar