Selasa, 18 Mei 2010

gaya hidup

Lemak Lemahkan Paru-paru
1. Makanan sarat lemak tidak cuma tak baik bagi jantung, tapi juga dapat mempengaruhi fungsi paru-paru. Penelitian tim dari Hunter Medical Research Institute di New Lambton, Australia, menemukan bahwa makanan tinggi lemak menyebabkan radang saluran napas dan berkurangnya fungsi paru-paru.

2. "Hasil awal kami menemukan bahwa empat jam setelah makan, saluran napas pada pemakan makanan tinggi lemak meradang dan (memberikan) respons yang merugikan atas obat asma," kata penulis utama penelitian itu, Lisa Wood, yang juga dosen ilmu biomedis dan farmasi di Institut Riset Medis Hunter di New Lambton.

3. Tim itu menguji orang-orang dengan asma sebelum dan setelah makan makanan tinggi lemak atau setelah makan rendah lemak. Mereka meneliti 30 relawan non-obesitas dengan asma dan 16 relawan obesitas. Relawan non-obesitas dipilih acak untuk makan makanan tinggi lemak atau rendah lemak, sedangkan relawan obesitas semua diberi makan tinggi lemak.

4. Makan tinggi lemak terdiri atas hamburger cepat saji dan kentang goreng. Kandungan gizinya sekitar 1.000 kalori, termasuk 60 gram lemak. Ini berarti sekitar 50 persen dari kalori itu datang dari lemak. Sesuai dengan rekomendasi dari American Heart Association, normalnya 25-35 persen kalori berasal dari lemak. Sedangkan makanan rendah lemak berisi yoghurt yang berisi 200 kalori yang mengandung 13 persen lemak.

5. Wood mengatakan belum tahu berapa lama efek ini bisa berakhir. Tapi jika seseorang mengkonsumsi makanan tinggi lemak tiap hari, mereka mungkin mengalami efek itu selama beberapa jam sehari. "Jika dapat diteliti lebih lanjut, diet lemak mungkin berguna untuk mengelola asma," kata Wood.

sumber : www.korantempo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar