Selasa, 18 Mei 2010

Robot Jadi Penghulu

TOKYO -- Bersejarah. Itulah yang dilakukan pengantin di Tokyo, Jepang, ini. Tomohiro Shibata dan Satoko Inoue melangsungkan pernikahan, dengan robot sebagai peghulunya. Momentum ini pertama kali di dunia.

Layaknya penghulu manusia, robot bernama I-Fairy duduk di kursi dan memerintahkan kepada pengantin laki-laki, Shibata, untuk membuka cadar pengantin wanitanya. Robot setinggi 1,5 meter itu memberi instruksi dengan gerakan tangan dan mata sambil berkedip mempersilakan pengantin berciuman.

Acara unik yang digelar pekan lalu di atas sebuah restoran di ibu kota Jepang itu dihadiri 50 tamu undangan. Ternyata pasangan itu memang menekuni dunia robot. Shibata ahli ilmu robotik, sedangkan Inoue bekerja di industri yang memproduksi robot.

Di sela prosesi pernikahan, Shibata menuturkan, ia bertemu dengan calon istrinya itu saat sama-sama bekerja di perusahaan yang membuat robot I-Fairy. "Saya ingin robot ciptaan kami ini menjadi bagian dari peristiwa penting dalam hidup kami berdua," ujar Inoue bangga.BBC | BASUKI RAHMAT
sumber : www.korantempo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar