Selasa, 18 Mei 2010

Obat Stres, Bicaralah dengan Bunda

WISCONSIN -- Letakkan batangan cokelat di genggaman Anda, dan batalkan rencana ikut kelas yoga. Lekas telepon dan bicara dengan bunda, insya Allah stres Anda bakal terobati.

Itu bukan nasihat dari guru, melainkan hasil penelitian Universitas Winconsin, Amerika Serikat. Kesimpulan penelitian itu menyebutkan, mendengar suara bunda dapat memberikan ketenangan dan mengurangi ketegangan dengan cepat. Percakapan dengan bunda melalui telepon memiliki efek yang sama seperti sedang di pelukannya.

Kajian itu menjelaskan mengapa bunda kerap menjadi orang pertama yang mengetahui persoalan dan mendengarkan keluh-kesah meskipun anaknya telah beranjak dewasa. Para peneliti memulai riset dengan mengamati hormon oxytocin. Hormon yang lebih dikenal dengan nama hormon cinta ini dapat membantu mengembangkan keterampilan, perilaku sosial, dan kepercayadirian.

Para peneliti dari Universitas Winconsin ini mengamati sebuah kelompok yang terdiri atas anak-anak perempuan berusia 12 tahun yang diminta menyelesaikan sebuah soal matematika di hadapan orang-orang yang belum mereka kenal sebelumnya. Tes ini dilakukan untuk memicu munculnya hormon cortisol atau hormon yang berkaitan dengan stres hingga mencapai tingkat yang memuncak.

Hasilnya, satu orang mengaku stres atau tertekan. Tiga anak lainnya merasa nyaman karena telah membicarakan tes ini dengan bundanya sebelumnya secara tatap muka, dan tiga lainnya telah mengabarkan kepada sang bunda melalui telepon. Dari hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa mereka yang membicarakan tes ini dengan bundanya memiliki jumlah hormon oxytocin yang lebih tinggi ketimbang yang tidak.

"Kini dapat dipahami bahwa hormon oxytocin ini sangat berkaitan dengan konteks psikologi dan hubungan sosial seseorang," kata Leslie Seltzer, salah seorang peneliti.Rini K | Dailymail

sumber :www.korantempo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar