Selasa, 18 Mei 2010

Kredit Korporasi BNI Rp 3 Triliun

Jakarta -- Nilai kredit korporasi yang disalurkan PT Bank BNI Tbk selama lima bulan pertama tahun ini mendekati Rp 3 triliun. Perseroan menargetkan exposure kredit korporasi tumbuh 15 persen dibanding tahun lalu menjadi Rp 46 triliun.

"Sampai Mei, hampir mendekati angka Rp 3 triliun," ujar Direktur Korporasi BNI Khrisna R. Suparto kemarin. Pada kuartal pertama ini, menurut dia, kredit korporasi berjalan lambat. "Untuk kuartal kedua kelihatannya lebih cepat."

Kredit korporasi BNI difokuskan pada sektor infrastruktur. Salah satu mitra yang mendapatkan kredit korporasi BNI adalah PT Jasa Marga Tbk. Tahun ini, BNI akan mengucurkan kredit ke perusahaan jalan tol itu senilai Rp 1 triliun. "Nota sudah ditandatangani dan pencairan awal sudah dilakukan," katanya.

Kemarin BNI menandatangani nota kerja sama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam menyediakan fasilitas corporate e-banking. Produk itu dikenal dengan nama Sistem Administrasi Badan Hukum, yang memungkinkan pengurusan akta perusahaan atau badan hukum di kementerian dilakukan di gerai-gerai BNI. "Tidak lagi manual, tapi by system," kata Suprapto.

Sistem ini juga menyempurnakan sistem administrasi badan hukum. "Dulu ada fee, sekarang tidak ada. Jadi uang langsung masuk ke rekening notaris di BNI. Uang masuk ke negara," ujarnya.

Berdasarkan statistik perbankan yang dirilis Bank Indonesia, selama Maret tahun ini, bank-bank pelat merah sudah menyalurkan kredit modal kerja dan investasi masing-masing Rp 256,5 triliun dan Rp 120,7 triliun. Angka ini tumbuh dibanding pada periode yang sama tahun lalu, yang besarnya masing-masing Rp 251,2 triliun dan Rp 101,5 triliun. RIRIN AGUSTIA

Sumber : www.korantempo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar