Selasa, 03 Mei 2011

KEDUDUKAN ILMU EKONOMI INTERNASIONAL DALAM KERANGKA ILMU EKONOMI

Ilmu ekonomi Internasional didefinisikan sebagai bagian dari ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perilaku teransaksi-transaksi ekonomi internasional perekonomian bangsa pada khususnya dan mekanisme bekerjanya perekonomian dunia pada umumnya.
Ilmu Ekonomi, yang biasa disebut economics dapat dibagi dalam 3 kelompok, yaitu kelompok ekonomi deskriptif, kelompok ekonomi teori, dan kelompok ekonomi terapan. Ekonomi deskriptif (descriptive economics) mengumpulkan keterangan-keterangan faktual yang relevan mengenai suatu masalah ekonomi. Teori ekonomi (economics theory) mencoba menemukan prilaku hubungan antara variabel-variabel ekonomi yang terbentuk dalam teransaksi-teransaksi ekonomi. Ekomoni terapan (applied economics) menggunakan hasil-hasil pemikiran yang tertuang dalam bentuk teori-teori ekonomi untuk menerangkan keterangan-keterangan dan data deskriptif yang dikumpulkan oleh ekonomi deskriptif.ilmu ekonomi internasional bidangnya meliputi semua kelompok tersebut.

- Materi Bahas Ekonomi Internasional
Materi bahas Ekonomi Internasional ialah transaksi-transaksi ekonomi internasional, baik transaksi ekonomi internasional bilateral maupun transaksi ekonomi internasioanl multilateral. Transaksi ekonomi internasional dibedakan antara : transaksi perdagangan terdiri atas transaksi impor dan transaksi ekspor barang dan jasa. Transaksi penanaman modal, baik penanaman modal portfolio beserta transaksi yang berkitan, transaksi unilateral, transaksi hutang-piutan dan teran saksi moneter.
Transaksi perdagangan internasional, yang rupanya sampai sekarang relatif paling banyak memiliki teori-teori, konsepsi-konsepsi yang cukup mantap. Teori-teori tersebut sebagian betul-betul merupaka teori murni, sebagian merupaka teori mengenai kebijakan-kebijakan perdagangan luar negri atau kebijakan-kebijakan perdagangan internasional. Sebagian menggunkan pendekatan analisis ekuilibrium parsial, sebagian lagi menggunakan pendekatan analisis ekuilibrium umum.



Sumber : seri diklat kuliah, ekonomi internasional

1 komentar:

  1. Bagaimana kedudukan ekonomi internasional sebagai salah satu bagian dari ilmu ekonomi?

    BalasHapus