Senin, 19 April 2010

MENYELUSURI KOTA BOGOR

MENYELUSURI KOTA BOGOR

Asyiknya Belajar Sambil Bertualang
Kalau kamu bosen rutinitas jalan-jalan di Jakarta atau di Bandung saja, coba sekali-kali kunjungi kota Bogor. Kawasan asri dengan harga yang amat menyenangkan dijamin surga buat backpacker seperti kita yang berbudget kecil :D

Transportasi
Ada dua alternative menggunakan jasa angkutan umum bila kamu ingin mengunjungi kota Bogor. Bias menggunakan bus umum atau dengan kereta api. Kedua-duanya mudah dijangkau dan memiliki banyak trayek. Namun bila kamu terpaksa pulang terlalu malam kamu bias menggunakan bus, karena rute bus Bogor tersedia 24 jam.
Kisaran biaya naik bus tergantung dari letak kamu menaikinya. Missal bus AC UKI-Bogor Rp 7000, Lebak Bulus-Bogor Rp 12000 dan Kalideres-Bogor Rp 12000. Atau tarif ekonomi kisaran rp 3000-Rp 5000 saja.
Untuk trayek Kreta Api, saat ini terdapat banyak alternative yang dapat kkamu pilih. Misal Ekonomi (Rp 3500), Ekonomi-AC (Rp6000), Pakuan (Rp 11000). Dengan trayek Jakarta Kota-Bogor dan Tanah Abang-Bogor.
Untuk menjelajahi tergantung dari tempat yang kamu tuju. Bias menggunakan angkot kecil dengan rata-rata tariff Rp 3000. Bisa juga menggunakan Trans Pakuan (semacam busway), dengan tariff Rp 3000 saja. Dengan rute Bubulak-Abdullah Bin Nuh-Soleh Iskandar-pajajaran-Cidangiang. Namun berhubung backpacker lebih memilih berjalan kaki mengelilingi kota Bogor. Udaranya yang sejuk dan pepohonan rindang nggak bikin kita merasa capek. Ditambah banyak objek keren buat foto-foto seru bareng teman.

Wisata Edukasi
Bukan kekota Bogor namanya kalau kamu nggak mengunjungi museum-museum disana. Ada banyak banget lho museum ciamik yang patut kamu kunjungi. Seperti kebun Raya Bogor, museum etnobotani, museum zoology, museum tanah, museum peta, museum perjuangan, prastasti batu tulis dll.
Yang paling seru disepanjang jalan djuanda kita bias mendekati rusa totol dibalilk pagar Istana Bogor. Nah, rusa-rusa ini jinak banget lho. Kalau beruntung kamu bias memegang dan foto dekat dengan mereka. Jangn lupa ya, kunjungi museum zoology, pas baget buat yang kamu pingin jadi paleontology. Ada fosil hewan maupun pohon yang usianya berjuta-juta tahun lamanya.

Tempat Nongkrong Cihuy
Ada dua taman yang bias dibilang tongkrongan wajib siswa Bogor. Lapangan Sempur dan Taman Kencana. Dua tempat ini dibilang paling ciamik dan lokasinya amat strategis. Nggak perlu ngeluh panas, kota Bogor amat rindang dan berudara sejuk. Setelah lelah capek berjalan mengelilingi bias duduk ditaman ini sambil minum es kelapa segar.
Lapangan Sempur lokasi super besar ini terdiri dari berbagai fasilitas public dan paling rame dikunjungi. Ada lapangna basket, lapangna futsal, lapangan bola, panjat dinding dan dikelilingi penjual makanan kaki lima khas Bogor yang ciamik. Ada macaroni panggang kaki lima juga lho, walau murah tapi uenakk tenan nggak kalah sama yang dikafe.
Sedangakan taman Kencana bentuknya lebih asri dan tidak sebesar lapangan Sempur, tempat ini juga paling keren buat hunting foto. Udah gitu nyaman bangrt buat istirahat melepas lelah karena suasananya amt rindang.

Warung taman
Dari berbagai refrensi, ini dia tempat makan cihuy buat persinggahan terakhir dikota Bogor. Teman-teman hobi banget nongkrong disini karena lokasi dan tempatnya cozy banget. Selain makannya enak, konsep kafe mini ini dibuat amat hijau lengkap dengan bangku dan meja kayu. Survei-survei kayanya cocok nih buat candle dinner sama pacar.
Soal harga nyaman dikantong kok. Menunya juga enak dan tradisional, cocoklah buat perut kita. Jadi, pelengkap paling direkomendasikan yang pasti paket ayam baker WP super komplit yang maknyus plus the manis hangat yang bikin hati sejuk.
Masih kotak-kotak budget, nggak perlu pusing deh. Burun kunjungi Kota Bogor sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar